Penyebab Kanker Usus Besar

Penyebab kanker usus besar biasanya adalah dimana kondisi usus besar yang terus mengalami regenerasi sel yang menyimpang, bermutasi dan membentuk sel yang agresif dan ganas. Kanker usus bisa terjadi di ruas tengah usus besar yang merupakan pusat pembusukan atau area rektum atau bisa di sebut dengan kanker kolorektal.




Setelah proses pembusuksn berhasil, sisa makanan yang sudah beruah menjadi feses akan ditampung di dalam rektum. Dan dimana ketika penampungan feses ini penuh, akan terjadi kontraksi yang akan mendorong feses keluar dari rektum.

Usus besar sebagai pusat pembusukan sisa-sisa makanan menjadi bagian paling akhir dari rangkaian fungsi pencernaan. Dalam usus  besar tubuh akan menyerapa sisa air yang masih ada dalam sisa makanan, dan kemudian melakukan pembusukan dengan bakteri E.coli yang memang hidup dalam jumlah yang terbatas.

Kondisi di mana terdapat feses dalam jumlah besar yang menjadikan semacam intensitas toksin. Sisa makanan dan bakteri dalam usus besar menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker usus  besar.

Kondisi tersebut kemudian bisa terjadi atau menyebabkan terjadinya semacam infeksi pada  ninding usus besar oleh beragam bakteri yang terdapat atau hidup dalm feses, dan dapat menimbulkan pertumbuhan polip dan bila di biarkan akan menjadi pra kanker.

Terbentuknya polip pada usus terutama pada usus besar merupakan salah satu kondisi yang kerap terjadi, sbenarnya tidak menjadi sebuah masalah yang serius. Nmun  polip yang tumbuh terus menerus dan kadang akan saling bertumpukan bisa memicu munculnya sel-sel dalam polip dan berkembang menjadi agresif dan ganas.

Masalah divertkula efek peristaltik yang berlebihan pada usus seperti efek dari sembelit bisa membuat jaringan dinding usus meregang sehingga mernyisakan kantung-kantung kecil di permukaan dinding. Terkadang kantung-kantung yang bernama divertikula akan terisis oleh kotoran dan makanan.

Beberapa kasus spesifik pembenntukan polip dalam dinding usus besar juga bisa terkait dengan beberapa kondisi yang ersipat genetik :

> Familial Adenomatous Polyposis (FAP)

> Hereditary Nonpolyposis Colorectal Cancer (NHPCC)

> Berasal dari ras afrika dan kaukasoid

> Menyukai makanan yan rendah serat dan tinggi lemak

> Memiliki masalah dengan toksin

> Obesitas dan diabetes.

Artikel Terkait Penyebab Kanker Usus Besar :

Diberdayakan oleh Blogger.