Tips Mencegah Kanker Usus Besar

Meski kanker usus besar begitu berbahaya, namun dengan mengubah gaya hidup sehat, anda dapat mengurangi terkena resiko penyakit tersebut dan terhidar dari bahayanya. Untuk membantu melindugi diri anda dan orang yang anda cintai, ada beberapa cara untuk mencegah kanker usus besar.





  • Jadwalkan skrining kanker usus besar

Jika anda berusia 50 tahun atau lebih anda harus menjadawlkan skrining (deteksi dini) kanker usus besar. Hal tersebut karena faktor usia memainkan peranan penting dalam perkembangan kanker usus besar dan lebih dari 90% orang yang menderita kanker usus besar adalah di atas usia 50 tahun.

  • Memakan-makanan yang bergizi
Pada dasarnya kanker usus besar terjai atau di sebabkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Itu sebabnya mengonumsi makanan yang sehat merupakan cara yang efektif untuk dapat mencegah kanker tersebut. Dengan memperbanyak makanan yang mengnandung banyak serat agar terhindar dari penyakit trsebut.
  • Menjaga berat badan dengan ideal
Orang yang gemuk atau orang yang memiliki kelebihan berat badan atau seing di sebut dengan obesitas beresiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker usus besar. Bentuk tubuh yang tertentu juga dapat mempengaruhi resiko terkena penyakit tersebut. Menurut penelitian bahwa orang yang memiliki lemak yang berlebihan yang terdapat pada bagian pinggang akan lebih beresiko terkena kanker usus besar.
  • Rajin melakukan olahraga
Dengan rutin berolahraga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar kurang lebih sebanyak 40% . Anda juga dapat terhindar dari penyebab kanker usus besar, obesitas, dan diabetes.
  • Berhenti merokok
Salah satu penyebab kanker adalah dari merokok, dan salah satunya adalah kanker usus besar yang di sebabkan oleh rokok. Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.
  • Kurangi paparan radiasi
Radiasi dapat menimbulkan beberapa penyebab kanker usus besar dan efek hereditas. Semakin tinggi paparan radiasi maka semakin tinggi pula anda terkena resiko kanker tersebut. Dengan melakukan pencegahan dini merupakan langkah yang sangnat efektif untuk dapat terhidar dari berbagai penyakit, terutama kanker usus besar.mulailah dari diri anda untuk melakukan berbagai pola hidup sehat seperti berolahraga, memakan-makanayang sehat, tidak mengonsumsi alkohol, dan menghindari rokok.

  • Berkonsultasi ke dokter
Jika anda memiliki beberapa gejala dan kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab kanker usus besar, sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter. Anda harus mulai waspada saat anda mendapatkan gejala kanker usus besar, seperti terlalu sering buang air besar, feses lembek, penurunan berat badan secara drastis, dan terdapat darah pada feses.

Artikel Terkait Tips Mencegah Kanker Usus Besar :

1 komentar:

pilihan terbaik untuk anda Aqiqah Jogja hanya di sini tempatnyaAqiqahJogja

Balas

Diberdayakan oleh Blogger.