Payudara Nyeri Saat Menstruasi

Rasa sakit dan nyeri pada payudara ketika akan menstruasi adalah salah satu keluhan yang dialami banyak wanita. Rasa sakit ini sering kali muncul sebellum menstruasi atau ketika wanita sedang dalam masa menstruasi. Tak jarang juga, payudara terasa sakit dan tegang setelah menstruasi selesai.

Meski hal ini sering terjadi , masih banyak wanita yang mempertanyakan apakah hal ini normal. Sebenarnya, payudara yang sakit memang merupakan salah satu gejala sindrom pra-menstruasi (PMS) di samping gejala lain seperti nyeri pada perut bagian bawah, mood PMS di samping gejala lain sepeti nyeri pada perut bagian bawah, mood memburuk, dan rasa lelah yang berlebihan.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan payudara terasa nyeri pada saat PMS, menstruasi, atau bahkan setelah menstruasi.

>> Peningkatan hormon
Salah satu penyebab payudara terasa sensitif, tegang, dan nyeri saat akan menstruasi adalah karena produksi hormon estrogen yang tinggi. Estrogen atau biasa disebut sebagai 'hormon wanita' ini menyebabkan jaringan payudara menjadi lebih tegang dan keras.

Hal ini biasanya terjadi pada hari ke-21 dalam siklus menstruasi. Karena itu banyak wanita yang mengalami nyeri payudara selama beberapa hari sebelum menstruasi. Kondisi ini normal dan tak perlu dikhawatirkan, kecuali jika Anda merasa rasa nyeri pada payudara berlebihan dan sangat mengganggu. Jika rasa nyeri terasa aneh dan parah, sebaiknya periksakan diri Anda.

>> Alami terjadi pada semua wanita
Payudara yang terasa keras dan nyeri sebelum menstruasi dialami oleh hampir semua wanita. Selain karena sindrom pra-menstruasi, hal ini juga diakibatkan oleh hormon dalam tubuh. Untuk itu tak perlu merasa stres dan cemas ketika payudara terasa nyeri saat menstruasi. Jangan panik ketika payudara terasa sakit, kecuali jika rasa sakitnya sangat parah dan tak bisa ditoleransi lagi.

>> Efek samping
Rasa sakit pada payudara juga bisa disebabkan oleh efek samping pil KB. Wanita yang sudah menikah dan minum pil KB biasanya akan mengalami rasa sakit pada payudara mereka. Hal ini karena pil KB meningkatkan produksi hormon pada tubuh. Jika Anda mengonsumsi pil KB secara teratur dan merasa payudara nyeri, itu adalah hal yang wajar. Hal ini lebih mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi pil KB secara teratur, namun kemudian berhenti secara tiba-tiba.

>> Obesitas
Obesitas dan gaya hidup yang tak sehat adalah salah satu alasan rasa nyeri pada payudara. Ini sebenarnya bukan masalah serius dan rasa sakit pada payudara disebabkan oleh berat badan yang berlebihan, jika Anda mengalami rasa sakit pada payudara sebelum menstruasi dan mengalami kelebihan berat badan, itu adalah normal. Untuk mengatasinya, coba turunkan berat badan dan konsumsi makanan yang sehat. Minum banyak air juga bisa membantu jika rasa nyeri pada payudara disebabkan oleh obesitas.

>> Masa pertumbuhan
Payudara yang terasa sakit juga dialami oleh banyak remaja perempuan. Hal ini tak hanya pada saat menstruasi tetapi bisa juga terjadi di keseharian. Payudara yang terasa sakit dan nyeri pada remaja wanita bisa menunjukkan adanya pertumbuhan, karena jaringan payudara masih tumbuh di usia mereka. Rasa sakit pada payudara di usia remaja bisa disebabkan oleh pertumbuhan payudara itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa sakit pada oayudara pada saat menstruasi atau sebelum menstruasi. kecuali jika nyeri yang dirasakan sangat parah dan tidak bisa ditoleransi. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika rasa sakit pada payudara dirasa aneh dan berlebihan.

Herbal Tasikmalaya

Artikel Terkait Payudara Nyeri Saat Menstruasi :

Diberdayakan oleh Blogger.